Terkini! Inilah Harga Jual Besi Bekas Berdasarkan Jenisnya

Anda tertarik mengolah besi bekas menjadi barang yang bermanfaat? Coba tengok harga jual besi bekas berikut! Sebagai salah satu logam yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, produksi besi bekas mencapai 92% dari semua logam yang ada di dunia. Namun, Anda perlu tahu bahwasannya ada banyak besi yang tersedia di pasaran. Agar tidak salah beli, mari simak informasi ini!

Jenis Besi Bekas

Jika selama ini Anda hanya mengenal satu jenis besi tua saja, maka saat ini sudah saatnya Anda benar-benar tahu bahwa ada lebih dari 1 jenis besi bekas yang diperjual belikan di pasaran. Besi-besi itu dijual berdasarkan beberapa kelas seperti misal kelas A, B, C, dan D. Agar lebih jelas, mari simak penjelasan jenis besi bekas berikut ini!

  1. Besi Bekas Kelas A

Jenis yang pertama adalah besi bekas kelas A. Besi ini memiliki ketebalan lebih kurang sekitar 6 milimeter (mm). Besi-besi yang termasuk dalam besi tua kelas A antara lain adalah rel kereta api, pipa, plat, beton, sisa fabrikasi, blok mesin, besi beam, dan rantai kapal.

Untuk besi kelas A ini biasanya akan ditampung oleh pabrik dengan ukuran 50 sampai dengan 180 cm asalkan tidak terlalu banyak banyak lapisan cat dan karat besi. Untuk harga perkilonya mulai dari Rp 5300.

  1. Besi Bekas Kelas B

Berbeda dengan kelas A, besi bekas kelas B ini memiliki ketebalan lebih kurang 3 sampai dengan 5 mm. Adapun yang tergolong jenis besi tua kelas B antara lain adalah pelat tipis, plat, velg mobil, dan sisa pemotongan coil. Biasanya pabrik akan menampung besi kelas B yang kondisinya masih baik dan tanpa karat. Untuk ukuran besi yang ditampung berkisar antara 50 sampai dengan 180 cm. Harga perkilonya mulai dari Rp 5200,-.

  1. Besi Bekas Kelas C

Selanjutnya besi bekas yang juga ditampung oleh pabrik adalah besi tua kelas C. Besi ini memiliki ketebalan antara lain 2 sampai dengan 3 mm. Adapun yang tergolong pada jenis besi bekas kelas C antara lain adalah kawat seling, seng pabrik, paku, plat nomor kendaraan, dan drum oil.

Besi tua kelas C yang masih bisa ditampung oleh pabrik adalah yang memiliki ukuran 50 sampai dengan 180 cm. Degan catatan permukaannya tidak berkarat dan dilapisi cat. Harga jual besi tua kelas C tersebut mulai dari Rp 5.100,-.

  1. Besi Bekas Kelas D

Jauh berbeda dengan jenis besi tua sebelum-sebelumnya, besi bekas kelas D memiliki ketebalan antara 1 sampai dengan 2 mm. Oleh karena ukurannya yang jauh lebih kecil dari para pendahulunya, maka yang tergolong dalam besi jenis ini adalah velg vespa, kawat las, kaleng susu, dan seng.

Sama dengan yang lain besi jenis ini juga akan ditampung jika memiliki ukuran minimal 50 cm dengan kondisi yang masih baik. Untuk harga jual per kilonya, yakni Rp 3900 dengan catatan tidak ada karat dan bekas cat. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan tentang harga jual besi bekas dan jenis-jenisnya. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat untuk Anda yang sedang mencari referensi.

Leave a Comment