Kenali 6 Tipe Digital printing Jakarta Barat yang Biasanya Digunakan!

Tahukah Anda bahwa mesin digital printing ternyata mempunyai beberapa tipe, masing-masing tipe dapat digunakan untuk kebutuhan yang sedikit berbeda. Jadi bagi Anda yang saat ini ingin menggunakan layanan digital printing Jakarta Barat, ada baiknya mengenal jenis mesin digital printing dan hasil cetaknya.

  1. Inkjet Printer

Yang pertama ada Inkjet printer. Dimana ini adalah printer umum, yang biasanya Anda temukan di kantor atau juga rumah. Selain itu, printer ini juga biasanya digunakan untuk kebutuhan mesin percetakan.

Biasanya tipe mesin yang satu ini juga digunakan untuk bisnis percetakan, misalnya bisnis UMKM yang membuat cinderamata, contohnya cetak gambar, mug, dan yang lainnya.   

  1. Plotter Machine

Berbeda dengan produk digital printing Jakarta Barat sebelumnya, ini adalah mesin digital printing yang biasanya digunakan untuk mencetak media yang lebih lebar.  Ukuran mesin ini cukup bervariasi, ada yang berukuran 1.5 m, 3.2 m hingga ada yang berukuran 5 m. Biasanya mesin ini digunakan untuk mencetak berbagai macam media advertensi.

Untuk tipe tinta yang digunakan, juga beragam, mulai dari tinta Dye, Solvent, Melanin, UV atau bahkan Eco Solvent. Masing-masing tinta mempunyai ciri yang berbeda, dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.  

  1. Digital Offset

Yang dimaksud dengan mesin digital printing offset kali ini adalah mesin yang mampu mencetak dengan ukuran A4 hingga A0. Bisanya printer seperti ini digunakan untuk mencetak buku, denah, cetak kalkir, dan yang lainnya. Yang pasti, mesin yang satu ini mampu bekerja secara cepat, untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan pesanan.

  1. Flatbed Printing

Ada lagi yang namanya Flatbed printing. Dimana mesin ini juga berbeda dengan mesin digital printing sebelumnya. Dimana tipe printing yang satu ini secara khusus digunakan untuk mencetak media yang berukuran tebal, seperti kaca, kayu keramik atau bahkan kaca akrilik. Tinta yang digunakan adalah tinta UV. Kelebihan menggunakan mesin yang satu ini, yaitu hasil cetakannya langsung kering, dan tahan lama.

  1. Sablon digital / Sablon DTG

Ada lagi yang namanya sablon digital atau juga disebut dengan sablon DTG. Ini adalah salah satu teknik digital printing terbaru, dan juga cukup popular. Alasannya, karena biaya operasional, dari mesin printing ini jauh lebih murah.

Yang menarik, mesin yang satu ini dapat mencetak langsung di atas kain, seperti kain polyester, atau juga katun. Untuk tinta, biasanya menggunakan tinta Neo Melamin Kornit, dengan hasil cetak yang berkualitas.  

  1. 3D Printing

Satu lagi, digital printing terbaru dan pastinya dapat digunakan di berbagai industri yaitu 3D printing. Mesin cetak yang satu ini menggunakan bahan photopolymer, yang dapat menghasilkan sebuah objek terlihat seperti 3D, yang sesuai keinginan.

Dengan mengenal aneka macam jenis mesin digital printing Jakarta Barat, sedikit banyak Anda jadi lebih mengerti, tentang mesin seperti apa dan percetakan seperti apa yang dapat Anda gunakan, untuk mencetak desain yang sesuai kebutuhan Anda.

Leave a Comment