11 (Sebelas) Bahan dan Harga Gigi Tiruan

Harga pemasangan gigi tiruan bervariasi, tergantung bahannya, juga tempat memasang gigi hingga jasa dokter giginya. Gigi tiruan juga ada yang permanen dan lepasan. Biaya gigi lepasan adalah mulai dari 450 ribu Rupiah per gigi. Sedangkan biaya gigi permanen harganya mulai dari 1,5 juta Rupiah per gigi hingga puluhan juta Rupiah.

Bahan pembuatan gigi sangat mempengaruhi harganya. Bisa mencapai hingga 75 % dari harga. Berikut beberapa pilihan bahan pembuatan gigi tiruan tersebut.

Akrilik

Bahan ini paling umum digunakan untuk pembuatan gigi tiruan penuh atau lepasan. Bahannya ringan, dan awet juga mudah untuk diubah bentuk. Gigi tiruan dari bahan akrilik juga dapat disesuaikan dengan warna serta bentuk gigi asli.

Keramik Porselen

Keramik seperti porselen sering digunakan dalam pembuatan gigi tiruan tetap atau tambahan. Penampilannya bisa sangat mirip dengan gigi asli, sehingga cocok untuk gigi depan yang terlihat pada saat tersenyum. Bahan ini juga tahan terhadap noda dan lebih bertahan lama jika dibandingkan dengan akrilik. Namun harganya lebih mahal.

Zirkonia

Zirkonia adalah bahan keramik yang kian populer untuk pembuatan mahkota gigi buatan pada gigi tiruan tetap. Bahannya sangat kuat, dan tahan retak, serta memiliki penampilan yang sangat alami. Mahkota gigi zirkonia juga awet dan cocok untuk gigi bagian belakang atau gigi geraham yang sering digunakan untuk menahan tekanan kunyah yang lebih besar.

Logam

Bahan logam, seperti emas atau logam campuran, digunakan sebagai basis pada gigi tiruan tetap atau tambahan. Basis logam memberi kekuatan dan kestabilan yang diperlukan guna mendukung mahkota gigi buatan. Bahan ini juga dapat bertahan lebih lama daripada bahan lainnya.

Polikarbonat

Bahan plastik ini cukup kuat dan tahan terhadap tekanan. Sering digunakan dalam pembuatan gigi tiruan sebagian. Bahan ini cocok untuk gigi tiruan yang memerlukan kekuatan tambahan, terutama pada area gigi belakang.

Nilon

Nilon merupakan bahan fleksibel yang digunakan dalam pembuatan dan pemasangan gigi tiruan fleksibel. Bahannya ringan, dan lentur, serta nyaman digunakan. Gigi tiruan yang terbuat dari nilon cocok untuk kasus gusi atau gigi-gigi yang tersisa yang tidak sehat, sebab bahannya lebih lembut serta tidak menimbulkan gesekan yang menyakitkan.

Komposit Resin

Bahan alternatif ini terbuat dari campuran resin dan partikel keramik. Bisa digunakan untuk memperbaiki gigi yang rusak atau patah, juga untuk membuat gigi tiruan sementara.

Polietilen

Terbuat dari bahan plastik yang fleksibel dan ringan guna pembuatan gigi tiruan fleksibel. Punya tingkat kelembutan yang tinggi, sehingga nyaman digunakan.

Polimer Termoplastik

Bahan ini bisa dipanaskan dan dibentuk kembali. Sering digunakan dalam pembuatan gigi tiruan fleksibel. Memungkinkan penyesuaian yang lebih baik dengan bentuk rahang dan gigi pengguna.

Aluminium Oksida atau Alumina

Bahan keramik ini digunakan dalam pembuatan implan gigi atau komponen mahkota gigi buatan guna kekuatan tambahan dan ketahanan aus.

Karbon Fiber

Bahannya sangat ringan dan kuat, digunakan dalam pembuatan gigi tiruan guna memberikan kekuatan tambahan tanpa menambah berat gigi.

Itulah beberapa bahan pembuatan pemasangan gigi tiruan. Konsultasikan dengan dokter gigi atau prostodontis untuk memilih bahan yang sesuai dengan kondisi dan besaran anggaran yang tersedia.

Leave a Comment