Cara Pemasangan Implan Gigi

Implan gigi merupakan suatu bentuk penanaman akar gigi buatan yang memiliki bentuk seperti baut pada bagian rahang. Cara ini dilakukan untuk dapat menopang bagian gigi buatan. Secara umum jenis dan harga implan gigi ini terbuat dari titanium. Lalu bagaimana cara pemasangan implan gigi? Apa saja hal yang harus diperhatikan sebelum memasang jenis implan gigi tersebut? Simak artikel berikut ini 

Cara pemasangan implan gigi 

Pemasangan implan gigi dilakukan oleh dokter yang sudah ahli dalam bidangnya, untuk melakukan pemasangan ada berbagai cara yang harus Anda perhatikan sehingga tidak heran jika pemasangan jenis implan gigi ini telah memakan waktu yang sangat lama. Perlu Anda ketahui secara umum gigi palsu memiliki 3 bagian dengan fungsi yang beragam. 

  1. Jenis implan gigi yang berfungsi sebagai jenis akar gigi
  2. Sebagai mahkota gigi palsu 
  3. Digunakan sebagai penyangga yang berhubungan dengan implan serta mahkota gigi.

 Jika Anda menyatukan antara gigi palsu dengan menyatukan bagian rahang serta implan gigi, maka gigi palsu Anda akan lebih kokoh jika digunakan. Berikut adalah kelebihan yang dapat Anda rasakan jika menggunakan implan gigi, diantaranya:

  1. Dapat lebih mudah membantu Anda untuk mengunyah makanan tanpa rasa nyeri dan khawatir jika gigi Anda bergeser. 
  2. Terbilang lebih nyaman jika dibandingkan dengan gigi palsu lepas pasang sehingga tidak menyulitkan Anda sulit berbicara karena terpasang sangat kuat.
  3. Terlihat seperti gigi yang asli
  4. Sangat mudah untuk dipasang karena Anda tidak harus mengubah pada posisi gigi
  5. Sangat mudah untuk dirawat jika dibandingkan dengan gigi tiru yang dapat dilepas pasang kembali. Karena implan gigi ini tidak menggunakan perekat gigi.
  6. Dapat bertahan dalam tempo waktu yang cukup lama sehingga Anda tidak perlu mengganti, namun jika Anda menggunakan gigi palsu yang lepas pasang maka sekitar 7 sampai 15 tahun Anda harus menggantinya. 

Selain kelebihan memasang jenis dan harga implan gigi ini ada berbagai macam larangan yang harus dilakukan sebelum melakukan pemasangan implan gigi, berikut syarat lengkapnya:

  1. Telah memiliki tulang rahang yang tumbuh dengan lebih sempurna
  2. Memiliki mulut serta gusi yang sehat
  3. Tidak memiliki kondisi yang dapat mengganggu adanya penyembuhan pada tulang. 
  4. Tidak mengalami gangguan pada tulang seperti osteoporosis
  5. Memiliki jenis tulang rahang yang mampu untuk menahan bagian implan gigi sehingga dapat menjalani cangkok pada tulang.
  6. Jika Anda ingin memasang implan ini pastikan Anda tidak merokok
  7. Memiliki komitmen yang kuat sehingga dapat menjalani proses bagian implan gigi.

Hal diatas adalah cara mudah pemasangan, kelebihan serta syarat yang harus Anda lakukan sebelum melakukan proses pemasangan dan harga implan gigi.

Leave a Comment