Mengenal Aneka Jenis Galvalum Baja Ringan yang Dijual di Pasaran

Bagi Anda yang berencana membeli galvalum baja ringan dalam waktu dekat, perlu memilih jenis produk yang tepat sesuai kebutuhan konstruksi bangunan. Pasalnya, produk tersebut hadir dalam berbagai varian jenis yang bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan. Agar tidak salah memilih produk, Anda bisa menyimak informasi seputar jenis – jenis galvalum berikut.

Aneka jenis produk galvalum yang dijual di pasaran

Seperti diketahui, bahwa galvalum umumnya merupakan plat logam baja ringan dari kombinasi besi dan seng. Meskipun dikenal sebagai salah satu bahan material konstruksi bangunan yang kokoh, namun tetap saja Anda perlu memilih jenis galvalum yang tepat. sebab meskipun menawarkan manfaat yang tidak jauh berbeda, namun setiap jenis galvalum umumnya memiliki karakteristik, keunggulan dan kelemahan tersendiri.

Oleh karena itu, agar Anda tidak salah pilih produk perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis – jenis produk galvalum di pasaran. Adapun berbagai jenis produk galvalum yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan, yakni sebagai berikut.

  1. Seng Galvalum

Pertama, ada jenis seng galvalum yang terbuat dari perpaduan bahan zinc / besi (97%), alumunium (1%) dan berbagai campuran bahan lain. Biasanya, penggunaan seng galvalum sering kali diaplikasikan untuk pembuatan atap sederhana dengan bangunan berskala kecil.

Ciri khas dari seng galvalum, yaitu bergelombang, tipis dan memiliki bobot cukup ringan. Adapun untuk ukurannya terbilang beragam, sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Galvalum IGGI

Berikutnya, ada galvalum baja ringan IGGI yang terbuat dari bahan alumunium (55%), seng (43,5%) dan silikon alloy (1,5%). Meskipun hampir sama dengan seng galvalum, namun jenis galvalum ini memiliki kualitas yang pastinya jauh lebih tinggi.

Menggunakan galvalum IGGI, umumnya memberikan keuntungan bagi para pengguna. Hal ini dikarenakan, setiap jenis dan ukuran galvalum tersebut memiliki ketahanan cuaca dan kekuatan yang lebih baik dibandingkan dengan seng.

  1. Galvalum Top Deck

Khusus untuk galvalum top deck satu ini, umumnya sering kali dikenal dengan istilah material besi hollow. Di pasaran, Anda akan menemukan banyak sekali jenis galvalum top deck dengan berbagai tipe seperti A5W-10601, A5S-10001 dan masih banyak lagi.

Sementara untuk ukuran produknya sendiri juga cukup beragam, dengan tingkat ketebalan dan lebar yang bervariasi dan panjang rata – rata 6 meter. Penggunaannya, cocok digunakan untuk struktur bangunan atap, kanopi dan lain – lain.

  1. Galvalum Sarana

Terakhir, ada jenis galvalum sarana yang hadir dengan menawarkan pilihan 5, 9 dan 10 gelombang untuk dijadikan pilihan bagi para calon pembeli. Bisa dikatakan, bahwa jenis galvalum sarana ini hampir mirip dengan seng galvalum.

Adapun untuk ukuran dan harga yang dijual di pasaran juga cukup bervariasi. Yang mana, hal ini biasanya dipengaruhi oleh jenis dan tingkat ketebalan produk galvalum yang Anda inginkan.  

Dari banyaknya jenis galvalum baja ringan di atas, Anda bisa menentukan pilihan produk material konstruksi bangunan tersebut sesuai keinginan dan kebutuhan.

Leave a Comment