Genteng Metal Berpasir: Material dan Berbagai Kelebihannya

Apakah Anda pernah mendengar istilah genteng metal berpasir? Genteng metal berpasir adalah salah satu jenis genteng yang banyak tersedia di pasaran saat ini. Genteng ini termasuk dalam kategori genteng modern yang memiliki panel untuk menghubungkan dan mengunci satu genteng dengan yang lainnya. Sehingga, apabila sudah terpasang, genteng-genteng tersebut tidak mudah lepas dan jatuh.

Lalu, mengapa genteng yang satu ini disebut sebagai genteng berpasir? Berikut penjelasannya.

Bahan-bahan Dasar Genteng

Genteng metal berpasir memiliki bahan dasar berupa beberapa jenis metal seperti baja galvanum. Agar memiliki tekstur yang kuat, baja ini juga dicampur dengan jenis metal lainnya seperti coraltex. Bahan galvanum juga menggunakan campuran zinc dan aluminium sebagai bahan-bahan di area permukaan yang berpasir. Dengan kombinasi dari ketiga bahan di atas, genteng metal yang satu ini tidak hanya kuat dan tahan lama tetapi juga memiliki tekstur unik seperti ada taburan pasir di atasnya.

Jangan khawatir, tekstur taburan pasir ini benar-benar melekat kuat pada genteng sehingga tidak akan terlepas dari permukaan. Pasir yang dimaksud di sini bukanlah pasir sungguhan melainkan tekstur permukaan dari genteng yang cenderung kasar dan tidak sehalus permukaan genteng-genteng jenis lainnya.

Kelebihan Genteng Metal Pasir

Genteng pasir memang dikenal memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh jenis-jenis genteng lainnya. Salah satunya adalah kemampuannya dalam menyerap panas. Tidak seperti genteng metal lainnya yang cenderung membuat ruangan di bawahnya terasa panas dan tidak nyaman, genteng metal pasir justru membuat ruangan terasa lebih adem.

Alasannya? Hal ini disebabkan karena tekstur pasir yang ada di permukaan genteng. Tekstur ini memang sengaja dibuat untuk dapat menyerap panas yang berasal dari sinar matahari. Karena kemampuannya dalam menyerap panas inilah, suhu ruangan menjadi lebih dingin. Oleh sebab itulah, genteng metal pasir menjadi salah satu genteng alternatif bagi Anda yang menginginkan genteng berbahan dasar metal tetapi tidak panas.

Kelebihan lainnya adalah kemampuan dari genteng ini untuk meredam suara. Pernahkah Anda mendengar suara keras benda yang jatuh dan menimpa genteng metal? Jika iya, tentunya suara ini terdengar keras sekali diakibatkan oleh struktur dan sifat dari genteng metal itu sendiri.

Nah, jika Anda menggunakan genteng metal pasir, maka suara yang dihasilkan akibat peristiwa yang sama akan lebih pelan. Mengapa? Lagi-lagi hal ini dikarenakan tekstur kasar dari genteng metal berpasir. Tekstur pasir ini memiliki kemampuan meredam suara untuk mencegah penghuni rumah merasa berisik dikarenakan suara yang berasal dari luar.

Harga Genteng Metal Pasir

Harga genteng metal pasir bervariasi tergantung dari komposisi campuran bahan-bahannya. Namun jangan khawatir, harganya .asih relatif terjangkau dan kurang lebih sama dengan berbagai jenis genteng metal lainnya. Nah, apakah Anda tertarik untuk menggunakan genteng metal berpasir ini?

Leave a Comment