Berbagai Makanan Yang Sepatutnya Disimpan Di Kulkas Freezer

Menempatkan makanan yang sudah diolah dalam kulkas freezer dilakukan sejumlah orang yang berencana menyantapkan di lain waktu. Namun, tahukah Anda ada jenis-jenis makanan lain yang disarankan ditempatkan di freezer? Sebagai panduan supaya tak salah mengatur isi kulkas, berikut bahan baku yang harus ditaruh di bagian tersebut!

  • Sayuran hijau

Sering mendapati sayuran hijau seperti bayam mudah layu atau membusuk di kulkas? Anda bisa memindahkannya ke freezer untuk mencegah kemungkinan tadi terulang. Dengan membekukannya sementara waktu, Anda dapat memperoleh kualitas dan rasa bayam yang bagus saat diolah.

Segera simpan bayam yang baru dibeli ke dalam freezer tanpa mencucinya dulu. Tujuannya adalah mencegah terbentuknya lapisan es pada permukaan daun dan batang.

  • Daging-dagingan

Anda pasti sudah tahu kalau daging termasuk bahan baku makanan yang harus ditempatkan di freezer. Namun, untuk bongkahan yang cukup besar sebaiknya dipotong ke beberapa bagian kecil untuk memudahkan pengaturannya di dalam kulkas freezer.

Langkah serupa dapat Anda lakukan pada daging yang sudah diolah. Hal ini dapat menekan resiko pembusukan saat makanan terpapar suhu yang lebih hangat.

  • Macam-macam kaldu

Seperti daging, kaldu direkomendasikan disimpan di freezer. Umumnya, kaldu atau stock yang terbuat dari tulang atau daging ayam dan sapi yang harus ditempatkan di sana. Jadi, kandungan di dalamnya tetap terasa gurih dan tak mengurangi kualitas makanan saat dipakai.

Di sisi lain, kaldu sayuran yang kaya potasium seperti bawang bombai, kentang, seledri, dan wortel pun disarankan disimpan di freezer untuk menjaga kualitasnya. 

  • Buah-buahan

Tak jauh berbeda dari sayuran, sejumlah buah cepat mengisut atau membusuk saat ditaruh di luar freezer. Anda yang belum punya rencana untuk mengonsumsi atau mengolahnya menjadi hidangan ada baiknya memindahkan buah seperti beri dan persik ke bagian dingin tadi.

Pastikan penempatan buah-buahan tak terlalu dekat dengan daging atau kaldu. Taruh di wadah yang rapat juga untuk mencegah kontaminasi. 

Selamat mengawetkan berbagai makanan dalam kulkas freezer agar tetap nikmat dikonsumsi!

Leave a Comment