Tips Memilih Cat Primer Besi Agar Tahan Lama

Berbeda halnya dengan material kayu, besi lebih rentan mengalami korosi atau berkarat. Oleh karena itu, kita memerlukan cat primer besi sebagai salah satu solusi untuk melindungi permukaannya dari karat akibat air, udara, ataupun cuaca. Namun sebelum menggunakannya, Anda perlu memahami beberapa tips memilih cat primer besi agar lebih tahan lama.

Tips Memilih Cat Primer Besi 

Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih cat primer besi yang tepat agar lebih tahan lama.

  1. Pahami Jenis Logam Besi

Umumnya, cat primer besi terdiri dari berbagai jenis yang dibedakan berdasarkan jenis logam atau besinya. Misalnya saja, terdapat cat khusus baja, aluminium, besi, dan lainnya. Sehingga Anda harus pastikan dulu material yang nantinya akan dicat. Cara memeriksanya sendiri cukup mudah, hanya menggunakan magnet. Apabila logam tersebut berupa besi, maka akan menempel pada magnet.

  1. Pilih Jenis Cat Primer

Jika logam yang akan Anda cat berupa besi, maka Anda dapat menggunakan cat primer besi. Beberapa jenis cat yang dapat dipakai diantaranya seperti epoxy dan juga cat alkyd. Umumnya cat epoxy ini lebih cocok dipakai untuk permukaan besi yang kerap terkena air hujan. Sedangkan cat alkyd cocok digunakan untuk mencegah jamuran saja.

  1. Perhatikan Tujuan Penggunaan Cat

Tips berikutnya yaitu Anda harus memastikan terlebih dulu tujuan dari penggunaan cat dan sesuaikan dengan sifatnya. Misalnya saja, apabila material yang akan dicat dipakai untuk konstruksi bangunan, maka Anda bisa pilih cat primer yang tahan terhadap cuaca serta sinar UV. Namun jika material tersebut dipakai untuk industri makanan dan juga minuman, maka Anda bisa pilih cat primer yang tahan dengan bahan kimia serta mudah untuk dicuci.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat ingin membeli cat primer besi. Pastikan untuk memilih merk cat primer yang sudah terpercaya. Jangan sampai tergiur dengan harganya yang murah namun kualitasnya buruk. Karena hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada permukaan besi. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment