Cara Memakai Cat Atap Anti Bocor yang Direkomendasikan untuk Berbagai Hunian

Bagaimana cara menggunakan cat atap anti bocor yang baik dan benar? Dengan begitu, manfaat catnya benar-benar efektif dalam mengantisipasi kebocoran pada atap bangunan. Terutama pada saat musim penghujan yang hampir tiap hari diguyur hujan.

Anda mungkin belum mengetahui jenis catnya, apalagi menggunakannya langsung. Jika seperti itu, Anda memang harus mengetahui cara penggunaannya yang benar, sehingga nantinya bisa mengaplikasikan catnya sendiri di rumah.

Cara Menggunakan Cat Atap Anti Bocor yang Benar

Pastinya Anda harus membeli catnya terlebih dulu yang bisa didapatkan secara offline atau online. Silahkan mengunjungi toko material atau bahan bangunan terdekat di tempat tinggal Anda. Atau mungkin, toko cat yang biasanya juga menjual cat pelapis anti bocor.

Ada cukup banyak merk catnya, tetapi pilihlah yang berkualitas bagus agar manfaatnya bisa bertahan lama. Jangan hanya membeli cat atap anti bocor saja, tetapi juga kuas untuk mengecat di permukaan atapnya nanti. Setelah berhasil membelinya, jangan lupa membaca cara penggunaannya pada bagian kaleng atau brosur yang menyertainya.

Secara umum, Anda harus membersihkan dulu permukaan atap yang ingin dicat pelapis. Jika bagian atas yang ingin dicat, maka permukaan atasnya harus dibersihkan dulu. Mau tidak mau Anda harus menaiki atap rumah untuk membersihkannya.

Bersihkan kotoran, debu, jamur, serta benda-benda kecil dari atap rumah. Setelah bersih, Anda bisa memulai mengecat bagian atap secara merata dengan menggunakan kuas yang sudah dibeli. Pastikan seluruh permukaan atap tertutupi cat pelapisnya dan jika perlu Anda bisa melakukan pengecatan hingga dua kali.

Selesai mengecat atapnya, biarkan saja terkena sinar matahari agar permukaannya mengering. Oleh karenanya, direkomendasikan mengecat pada musim kemarau saat pagi hari. Dengan begitu, pada saat siang hari yang panas bisa segera kering catnya.

Atap Bangunan Dijamin Tidak Bocor Lagi

Memang benar, atap bangunan rumah atau jenis hunian lainnya dijamin tidak akan bocor lagi saat diguyur hujan. Dengan catatan, penggunaan catnya sudah baik dan benar sesuai yang direkomendasikan diatas. Sekali lagi, pastikan seluruh permukaan atapnya sudah terlapisi cat.

Dengan begitu, Anda bisa merasa aman dan nyaman setiap hari meskipun di luar hujan mengguyur setiap hari. Oleh karenanya, jangan pernah ragu untuk segera menggunakan cat pelapis bocor semacam itu sekarang juga. Sudah banyak orang yang memakainya serta mengaplikasikannya untuk berbagai hunian bangunan miliknya.

Bukan hanya hunian rumah pribadi saja, tetapi juga bisa dipakai untuk jenis bangunan lainnya. Misalnya, gedung pertokoan, rumah toko (ruko), rumah kantor (rukan), mall, dan masih banyak lagi lainnya. Sementara itu, catnya tidak hanya berfungsi untuk melapisi atap bangunan agar tidak bocor lagi.

Namun, Anda juga bisa menggunakannya sekaligus menunjang estetika atau keindahan karena warna cat atap anti bocor beragam. Silahkan memilih warnanya sesuai kebutuhan dan keinginan Anda.

Leave a Comment