Supplier Triplek : Mengenal Perbedaan Triplek Vs Multiplek yang Jarang Orang Tahu

Ketika Anda mendatangi lokasi supplier triplek yang ada di pasaran, biasanya akan menemukan yang namanya produk triplek dan multiplek. Bisa dikatakan, bahwa keduanya merupakan bahan material yang berperan penting dalam berbagai proyek konstruksi, furniture dan lain – lain. Lantas apa saja perbedaan di antara kedua produk tersebut, simak ulasannya berikut ini.

Sejumlah Perbedaan antara Triplek dan Multiplek

Apabila melihat dalam dunia material dan industri kayu, biasanya banyak orang yang mengaku penasaran mengenai triplek dan multiplek. Pasalnya meskipun triplek dan multiplek sama – sama terbuat dari bahan dasar kayu, namun ternyata keduanya memiliki perbedaan cukup signifikan. Oleh karena itulah, Anda dapat memahami perbedaan di antara triplek dan multiplek dengan melihat penjelasan di bawah ini.

  1. Definisi dan komposisi

Salah satu perbedaan paling mendasar di antara triplek dan multiplek, yaitu bisa Anda lihat dari definisi dan komposisi pembuatannya. Pada multiplek, dikatakan sebagai bahan konstruksi yang terdiri dari lapisan – lapisan tipis kayu dan direkatkan bersama dengan perekat khusus. Di dalamnya, biasanya terdapat tiga atau lebih lapisan kayu yang disusun secara menyilang.

Sementara pada triplek, biasanya merupakan jenis khusus dari multiplek dan terdiri dari 3 lapisan kayu yang disusun secara bersama – sama. Untuk lapisan tengah triplek biasanya memiliki serat kayu sejajar, sedangkan lapisan luar memiliki serat saling melintang.

  1. Struktural

Di supplier triplek, Anda juga bisa melihat perbedaan antara triplek dan multiplek dari segi struktural yang dimiliki. Baik itu dari segi komposisi lapisan maupun daya kekuatan dan ketebalannya. Terkait komposisi lapisannya, untuk multiplek biasanya terdiri dari lebih 3 lapisan kayu, sedangkan triplek hanya terdiri 3 lapisan kayu.

Adapun dari segi tingkat kekuatan dan ketebalannya sendiri, produk triplek cenderung lebih kuat dibandingkan dengan multiplek. Ini dikarenakan, strukturnya dinilai jauh lebih padat dengan lapisan tengah yang didesain sedemikian rupa untuk memberikan daya kekuatan lebih maksimal. 

  1. Penggunaan dan pengaplikasiannya

Perbedaan lainnya dari triplek dan multiplek, yaitu bisa Anda lihat dari segi penggunaan dan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari – hari. Misalnya untuk multiplek, biasanya sering digunakan untuk berbagai aplikasi pembuatan furniture, lantai, panel dinding dan industri permainan. Yang mana, hal ini multiplek tersebut hadir dengan menawarkan daya kekuatan baik dan mampu menahan perubahan suhu dan kelembapan.

Berbeda dengan triplek, yang memiliki kegunaan lebih spesifik dalam beberapa konstruksi dengan daya kekuatan khusus. Dalam hal ini dikatakan bahwa, triplek umumnya memiliki struktur lebih kokoh, sehingga banyak dimanfaatkan untuk pembuatan produk mebel yang memang memerlukan daya kekuatan tambahan, konstruksi bangunan dan lain – lain.

Setelah mengenal sejumlah perbedaan di antara triplek dan multiplek, tentunya Anda bisa menentukan pilihan produk terbaik untuk kebutuhan konstruksi tertentu. Namun, pastikan Anda membeli produknya di supplier triplek yang tepat agar terjamin kualitasnya. 

Leave a Comment